Photobucket
Photobucket

Pages

Minggu, Januari 16, 2011

DUSUN BEBAS ASAP ROKOK

Waduh, saya ga habis pikir kalau semua dusun di Indonesia bebas asap rokok alias bukan perokok semua, pasti perusahaan rokok bangkrut semua hehe.

Mengagumkan tradisi unik desa yang berpenduduk 528 jiwa. Dusun Bonebone, desa Pepandingan, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan mempunyai “(perdus) peraturan dusun yang bebas asap rokok.
Perdus yang tidak tertulis ini atau hanya kesepakatan lisan ternyata cukup ampuh dan ditaati oleh seluruh warga.
Aturan dusun bebas asap rokok telah terlaksana sejak tahun 2002.
Menurut Idris, semua penduduk Dusun Bonebone menghormati aturan bebas asap rokok tersebut, sehingga jika ada tamu yang ingin merokok ditempat ini maka mereka harus melakukannya diluar dusun dan baru bias kembali usai menghabiskan rokoknya.
Kesadaran untuk tidak merokok didusun ini merupakan kesadaran moral karena toh tidak ada sanksi untuk yang merokok.
Awalnya Perdus ini terjadi ketika Idris diminta menjadi Kepala Dusun. Idris mau menerima dengan satu syarat semua warga harus berhenti merokok.
Pro dan kontra muncul tapi setelah para tokoh adapt dan tokoh masyarakat berkumpul akhirnya syarat ini disetujui.
Kesepakatan warga Bonebone ini hanya digagas dalam sebuah forum terbatas, tanpa biaya lazimnya sebuah penyusunan undang-undang. Apalagi, studi banding. Maklum warga di kampung ini mayoritas berprofesi sebagai petani.
Karena Kabupaten Enrekang menjadi daerah lintas para wisman yang akan menuju Toraja maka dusun Bonebone menjadi dikenal luas oleh para wisman. Para wisman hanya geleng-geleng kepala sebagai isyarat rasa kagum tardisi masyarakat Bonebone yang mengerti benar bahaya nikotin.
Padahal kalau kita melihat tempatnya, Bonebone merupakan salah satu dusun yang memiliki cuaca dingin karena kampong itu ditutupi kabut. Harusnya mereka tidak tahan kalau tidak merokok.

Semboyan tokoh dusun untuk menyadarkan warganya :
“Seha’ki yake e’da ta mappelo’mane!” yang artinya kurang lebih “Tidak merokok itu sehat saudara”

Nah gan patut di contoh tuh. Saya termasuk orang yang anti rokok gan. Itu alasannya saya dapat berita ini langsung saya buat posting. Buat agan-agan yang perokok yang mencoba buat berhenti, teruskan perjuanganmu ! Kalau didasari dengan niat dan tekad yang kuat pasti semua bakal terwujud. Seperti Pak Idris sama Warga dusun Bonebone itu. Nah buat yang belum terlintas buat berhenti merokok, sering-sering baca artikel akibat asap rkok ya !! hehe..
sumber(http://berttoar.multiply.com/journal/item/529)


0 komentar:

Posting Komentar